Cara Mudah Berhenti Merokok

Cara Mudah Berhenti Merokok

Sengaja saya memberi judul yang paling mudah ini, supaya pembaca dan para pencari ketenangan dari pengaruh merokok turut termotivasi bagaimana caranya agar dengan mudah bisa berhenti merokok, melalui tulisan ini saya mengajak anda pembaca yang ingin berhenti merokok untuk lebih konsisten lagi dengan niat berhenti merokok. 

Sebelumnya saya sampaikan “salam perjuangan” untuk sahabat-sahabat pejuang “Cold turkey” di group WA dan forum kaskus khusus untuk tread “cold turkey”, semoga setiap hari semakin sehat tanpa rokok dan turut berjuang membawa saudara, sahabat, dan lingkungan sekitarnya dari pengaruh buruk merokok. 
Cara Mudah Berhenti Merokok

Perlu saya sampaikan sebenarnya sangatlah tidak mudah untuk berhenti merokok, mungkin bagi sebagaian orang seperti kawan saya fatris M, berhenti merokok itu mudah, tetapi bagi kebanyakan rekan-rekan di forum online dan group online mengaku sangat sulit berhenti merokok, termasuk saya. 

Tutorial khusus yang membahas cara mudah berhenti merokok itu menurut saya sebenarnya tidak ada, karena kebanyakan orang berhenti merokok itu karena ada sebab atau peristiwa yang sudah terjadi, semisal vonis penyakit tertentu dari dokter atau karena sedang mengalami penyakit tertentu. 

Kesimpulan sementara ini yang bisa saya tarik dari beberapa pengalaman pada pejuang berhenti merokok, adalah sebagai berikut ; merokok itu merupakan suatu rutinitas yang melibatkan asap dan efek dari asap pembakaran aneka bahan, karena efek dari asap pembakaran itu memicu sifat candu dan ketergantungan terhadap tubuh manusia yang menghisapnya. 

Maka dari itu jika kita ingin menghentikan rutinitas membakar dan menghisap rokok itu, maka harus ada suatu mental yang sangat keras bersemangat untuk mengatasi efek lain dari akibat penghentian rutinitas merokok itu sendiri. 

Barangkali itu pulalah yang menyebabkan tread berhenti merokok ala “Cold turkey” andan landung di forum kaskus itu menggunakan taggar #TidakMerokokHariIni, dimana hal itu dimaksudkan untuk membuat sugesti terhadap diri mantan perokok untuk tidak merokok hanya pada hari ini saja, dengan demikian mental mantan perokok tidak terlalu dibebankan dengan kalimat “Berhenti total merokok”. 

Atas dasar pengalaman saya pribadi, saya juga sependapat dengan metode menidurkan keinginan merokok itu untuk hari demi harinya, sehingga demikian saya yang awalnya “jatuh bangun” dalam berhenti merokok ini berhasil menjalankannya step by step tahapan berhenti merokok. 

Sikap seperti diatas berbanding terbalik ketika saya menyatakan dalam diri saya bahwa saya berhenti total merokok, ketika saya menyatakan demikian otak saya dengan berbagai cara secara otomatis tetap berhasil membawa saya untuk kembali menghisap rokok. 

Jadi dengan #Tidakmerokokhariini itu adalah usaha step by step untuk menidurkan rasa ingin merokok itu sendiri, karena sifatnya usaha berhenti merokok ala cold turkey itu adalah total, artinya tidak menggantikannya dengan obat-obatan atau hal apapun, maka usaha ini sangat berat dilakukan, dan yang paling berat itu adalah tiga hari pertamanya. 

Usaha berhenti merokok cara cold turkey ini apabila berhasil dilakukan selama satu minggu, maka sesungguhnya dari tiga hari pertama berhenti merokok si pelaku sudah merasakan dampak fisik dan psikis dari akibat menghentikan asupan nikotin dan zat berbahaya rokok lainnya. 

Maka dari itu dalam forum-forum berhenti merokok alangkah banyaknya kita temukan keluhan yang menyakitkan pada diri mantan perokok, dari itulah gunanya senior yang sudah lama berhenti merokok berperan dalam membimbing mereka yang baru atau sedang berhenti merokok. 

Cara mudah berhenti merokok itu tidak ada menurut saya, karena jika anda ingin berhenti merokok maka hal utama yang harus anda lakukan adalah berjuang keras, melawan keinginan dan efek buruk dari berhenti merokok itu sendiri, dimana efek buruk itu sendiri adalah reaksi tubuh kita yang tidak lagi mendapat ketenangan dari zat-zat berbahaya rokok. 

Dimana letaknya efek baik dari merokok ? 

Menurut catatan ilmu kesehatan efek dari merokok itu sendiri melahirkan candu yang berasal dari berbagai zat rokok, termasuk didalamnya nikotin, sehingga ketika zat tersebut bereaksi menghasilkan rasa nyaman pada otak, dalam istilah kesehatan dikenal dengan “Menghasilkan Dopamin”. 

Hasil dari dopamine ini yang membuat otak merasakan kenyamanan, maka dari itu ketika seseorang mengalami masalah atau mengerjakan sesuatu membutuhkan rokok, maka itu artinya dopamine yang dihasilkan dari rokok sudah bekerja kuat dalam dirinya untuk menghasilkan ketenangan atau kebahagiaan. 

Tapi percayalah sahabat pembaca dopamine yang didapat dari rokok itu sifatnya semu, dan sementara saja, karena untuk mendapatkan ketenangan seharusnya kita sebagai manusia mendapatkannya dari sifat alami kita sebagai manusia dan gratis, tidak melalui barang tertentu seperti rokok atau obat-obatan narkotika lainnya. 

Apakah Efek buruk setelah berhenti merokok ? 

Jawabannya menurut saya “tidak ada !” karena setelah berhenti merokok yang kita dapatkan itu adalah kebaikannya, tapi ada “cumanya”, Cuma saja kita harus melalui tahapan perbaikan tubuh yang mana hal itu terasa menyakitkan bagi sebagian orang. 

Misalkan setelah puluhan tahun anda menghisap racun setiap saatnya, kemudian dalam waktu singkat anda berharap kerusakan yang ditimbulkannya dalam tubuh anda bisa segera diselesaikan ? jangan mimpi sahabat, tubuh manusia itu tidak sama dengan robot, tubuh butuh proses fisiologis melakukan tahapan demi tahapannya, sehingga baru kemudian anda bisa menikmati hasilnya. 

Maka dari itu efek buruk dari setelah berhenti merokok itu hanyalah bentuk dari sifat alam bawah sadar anda, untuk mengulang kembali menghisap racun rokok, karena anda merasa baik dan sehat ketika menghisap rokok, padahal tidak demikian adanya. 

Bagi sahabat pembaca yang sedang atau ingin berhenti merokok dan butuh teman untuk bercerita silahkan kunjungi forum-forum online para pejuang berhenti merokok, atau anda juga bisa tuliskan pada kolom komentar dibawah ini untuk di ikut sertakan kedalam group dan forum para pejuang berhenti merokok. 

#TidakMerokokHariIni
Cara Mudah Berhenti Merokok
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Note: only a member of this blog may post a comment.